Senin, 25 September 2017

Toba Cross Run

 Toba  Cross Run  


Esotisme Danau Toba bakal kembali memukau para wisatawan. Kali ini pesona kawasan yang sedang dipersiapkan menjadi "10 Bali Baru" itu bakal membius wisatawan lewat Toba Cross Run (TCR) yang akan digelar Sabtu 28 Oktober 2017. Para peserta akan beradu ketahanan fisik sambil menikmati keindahan danau terbesar kedua di dunia.

Toba Cross Run 2017 sendiri merupakan event sport tourism yang telah dinobatkan sebagai event berkelas internasional oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya pada 21 Maret 2017 berbarengan dengan peluncuran Calender of Event Danau Toba. Inilah kegiatan yang memadukan olahraga dan wisata Danau Toba. Event ini merupakan rangkaian Toba International Detour 2017 yang digagas oleh Komunitas Horas Halak Hita (H3).

Event ini dijamain mengasyikkan. Selain menguji ketahanan fisik, peserta lomba bisa menikmati panorama Danau Toba yang sangat indah. Dari mulai perbukitan, perdesaan, pantai, serta nuansa sejuk bakal menemani ayunan langkah kaki setiap pelari. Rute untuk Toba Cross Run ini pun di setting sedemikian oke. Peserta akan disuguhi dengan menerabas tiga kabupaten yang berada disekitar Danau Toba, yakni Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Toba Samosir dan Kabupaten Tapanuli Utara, Ketiga Kabupaten ini merupakan rute utama yang harus dijajaki oleh peserta lari. Dari ketiga kabupaten tersebut para peserta lari akan dimanjakan dengan keindahan danau kaldera terbesar di dunia tersebut yang memancar begitu indahnya dengan panorama yang sangat menyejukkan sepanjang mata memandang.

Berdasarkan standar lomba lari jarak jauh, Toba Cross Run termasuk dalam kategori ultra karena sudah melewati standar lomba lari marathon (42,2 km). Ada tiga pilihan kategori yang disediakan dalam lomba lari jarak jauh ini. Ada kategori 55 km, disini peserta akan menerabas rute Balige, Toba Samosir, Taman Sipinsur dan Humbang Hasundutan. Setelah itu 25 km, disini peserta diajak untuk menjelajahi rute Bandara Silangit, Tapanuli Utara,Taman Sipinsur dan Humbang Hasundutan. Satu kelas lainnya diisi oleh kategori 5 km. Rute pendek ini akan menapaki jalur Taman Sipinsur dan Humbang Hasundutan. Taman Sipinsur berjarak sekitar 7 km dari tepi Danau Toba, dan ketinggian 1.400 mdpl akan tampak jelas birunya air Danau Toba yang dihiasi dengan rerumputan bukit serta pohon pinus yang menjadi ciri khas pepohonan yang terdapat di perbukitan sekitar Danau Toba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar