Senin, 25 September 2017

Pesta Oang Oang

Pesta Oang-Oang  

Pesta Oang-Oang merupakan pesta rakyat dengan nuansa adat dan budaya Pakpak yang kental. Agar tampil menarik dan atraktif, pesta ini  di-upgrade dengan berbagai latar maupun kreasi yang berkembang dengan tetap disesuaikan terhadap kearifan lokal yang ada,  sehingga event ini tidak hanya berkelas nasional tetapi bahkan dapat bertaraf internasional.

Pesta Oang Oang akan dimulai dengan karnaval berikut kendaran hias yang mencapai 5 kilometer dari Gedung Serbaguna sampai Lapangan Napasengkut, hiburan tari dan nyanyian, moccak (pencak silat Pakpak) sampai beragam luah (cenderamata) dari berbagai kecamatan serta SKPD yang mengikuti acara karnaval. Selain itu juga dapat disaksikan berbagai lomba menarik, seperti lomba orkestra, lomba vokal grup lagu daerah dan lagu nasional, Lomba cerdas cermat (Nahu) Pengetahuan Pakpak dan ada juga Lomba Persinabul. Lomba Persinabul ini merupakan tradisi yang sangat sakral dan unik, di lomba ini kita bisa  mengetahui dan memaknai kata, maksud dan perlengkapan apa dan bagaimana prosesi adat dapat dilakukan didalam adat suku Pakpak. 

Persinabul merupakan pembicara adat / juru bicara atau utusan pihak keluarga pengantin pria maupun dari pengantin perempuan dalam adat suku Pakpak. Persinabul bertugas bertanya mas kawin kepada orangtua calon pengantin laki-laki, serta mencari tahu mengenai posisi keluarga perempuan di dalam masyarakat. Persinabul juga memperkirakan persinabul dari pihak perempuan, hal ini penting untuk mencari strategi dalam melakukan pendekatan secara kekeluargaan dan untuk menghindari ketidaksesuaian dalam proses mengkata (mengutarakan) pada prosesi lamaran/pernikahan. Meski lokasi Pakpak Bharat letaknya berada pada kondisi geografis perbukitan dan dikelilingi hutan, namun suasana natural kesejukan alami udaranya akan terasa nikmat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar